Ke Solo, Ikut Asean Blogger Festival 2013 #4: Perempuan Itu Bernama Mien

aku dan Mien - blogger vietmanHari 4
May I take a photo with you?
Oh, yes,” jawab Mien, blogger asal Vietnam yang duduk di kursi sampingku.
Itu adalah acara jalan-jalan. Peserta Asean Blogger Festival 2013 dibagi, ada yang ke Candi Sukuh dan ada yang ke Sangiran. Aku dan Pak Samsuni ikut yang ke Sangiran. Awalnya aku cuma tahu Sangiran itu sebuah museum. Begitu kami sampai, barulah aku tahu ternyata Sangiran bukan museum biasa, melainkan museum khusus manusia purba.
Museum yang baru diresmikan tahun 2011 itu memiliki banyak koleksi yang dibagi dalam beberapa ruang pamer. Pintu keluar ruang pamer 1 akan menuju ke pintu masuk ruang pamer 2, pintu keluar ruang pamer 2 akan mengarah ke pintu masuk ruang pamer 3. Dengan model seperti itu, pengunjung rasanya seperti berpetualang. Ada penjaga di tiap ruangan. Ada juga ruangan khusus untuk pemutaran film manusia purba. Pokoknya keren, museum terbaik di Kalsel tak ada apa-apanya sama sekali dibanding museum ini. Namun, meski bagaimanapun, aku tetap tak akan percaya manusia berawal dari kera.
Nah, karena terlalu asik di warung, kami hampir ketinggalan. Kami buru-buru menuju bis yang sebelumnya membawa kami. Aku menemukan tempat duduk kosong dan minta ijin pada perempuan yang duduk di samping kursi kosong tersebut. Ia menjawab dengan bahasa Inggris. Wah, peserta dari luar Indonesia rupanya… Sementara Pak Samsuni kulihat duduk di samping sopir.
patung manusia purba di museum sangiranfosil manusia yang sudah berusia 7000 tahunDi situlah aku berkenalan dengan Mien, nama perempuan tadi. Sebelumnya aku sudah menjelaskan padanya bahwa “Sorry, I can’t speak English”. Tapi, kami tetap ngobrol, meski sedikit-sedikit. Untuk menjaga privasi Mien, aku tak akan bercerita banyak tentang dia.
Sebelum kembali ke hotel peserta dikumpulkan di Urban Forest, sebuah taman di samping Sungai Bengawan Solo. Acara di sana adalah tanam pohon. Saat acara selesai, aku tidak tahu lagi Mien duduk di mana dan di bis nomor berapa. Padahal aku ingin sekali mengucapkan sedikit kalimat bahasa Inggris yang kuketahui: Nice to meet you… 🙂
Hari ini aku bertekad, aku harus bisa bicara bahasa Inggris dengan lancar. Harus!

Iklan

12 pemikiran pada “Ke Solo, Ikut Asean Blogger Festival 2013 #4: Perempuan Itu Bernama Mien

  1. jadi pake bahasa apa selain english sama mien? cuma pernah sekali ikutan asean blogger waktu di museum bank dulu deh di bulan puasa 2 apa 3 taon lalu..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s