ICT USO Expo 2012 dan M-PLIK Kalsel

Reportase Hari Pertama ICT USO Expo 2012

wakil gubernur rudy resnawan usai pembukaan ict usi expo 2012

Tidak seperti yang direncanakan, acara besar di bidang IT untuk Kalimantan Selatan oleh Kementerian Komunikasi dan Informasi justru tidak dihadiri oleh Gubernur Kalimantan Selatan, Rudy Arifin. Sebagai gantinya, pembukaan ICT USO Expo 2012 dibuka oleh Wakil Gubernur Rudy Resnawan.
Kepada awak media cetak, radio, televisi dan blogger, Rudy Resnawan menyampaikan bahwa dengan adanya event ICT USO Expo 2012 ini masyarakat Kalsel bisa melihat langsung perkembangan kemajuan teknologi yang telah dicapai baik oleh ‘urang banua’ maupun informasi yang dibawa oleh KEMKOMINFO.
“Kalau selama ini kita hanya melihat di televisi tentang perkembangan teknologi, dengan adanya event ICT USO Expo 2012 di Banjarmasin, Kalimantan Selatan ini kita bisa melihat langsung perkembangan teknologi baik yang dihasilkan oleh ‘urang banua’ maupun produk-produk dari KEMKOMINFO,” ujar Rudy Resnawan saat diwawancarai ketika ingin meninggalkan lokasi acara kegiatan.
“Semoga event ini bisa menjadi motivasi positif untuk memajukan perkembangan IT di Kalsel,” imbuh Rudy Resnawan antusias.
Di hari pertama pelaksanaan ICT USO Expo 2012 berbagai event lomba dilaksanakan salah satunya yakni Lomba Ketangkasan Pengoperasian M-PLIK yang diikuti sebanyak 14 tim kabupaten/kota di Kalsel. Tampak pengunjung ICT USO Expo 2012 begitu antusias menyaksikan Lomba Ketangkasan Pengoperasi M-PLIK yang bertempat di halaman Kantor Taman Budaya Kalimantan Selatan yang letaknya hanya berdampingan dengan ICT USO Expo 2012 dilaksanakan.

M-PLIK Kalsel dan Informasi Publik

Sebenarnya, dengan adanya M-PLIK itu sendiri saat beraktivitas sudah menjadi alat promosi kepada publik. Namun demikian, keberadaan website tentu saja akan membantu keterbukaan informasi publik yang lebih luas. Dengan mudah orang akan mengetahui aktivitas M-PLIK di masing-masing kabupaten/kota di Kalsel melalui sebuah website. Dengan manajemen website yang baik, informasi keberadaan M-PLIK, aktivitasnya, rencana, jadwal, bisa diikuti oleh siapa pun dengan mudah.
Dari hasil riset kecil-kecilan zianxfly.wordpress.com, dari semua kabupaten/kota di Kalsel yang telah menerima M-PLIK hanya beberapa yang memiliki website. Perlu dicatat, meskipun sifatnya blog, zianxfly.wordpress.com juga menganggapnya sebuah website.
Dari semua itu, ada 7 (tujuh) kabupaten/kota yang memiliki website dan 6 (enam) yang belum menginformasikan kegiatannya di internet. Berikut adalah data kabupaten/kota yang telah memiliki website:

No. Kab/Kota URL Update terakhir
1. Banjarmasin http://mplik-banjarmasin.blogspot.com 13/08/2012
2. Banjarbaru http://mplik.banjarbarukota.go.id maintenance
3. Banjar http://mplikkabupatenbanjar.blogspot.com 22/04/2012
4. Barito Kuala http://mplik-batola.blogspot.com -/10/2012
5. Hulu Sungai Tengah http://m-plikdishubkominfohst.blogspot.com -/10/2012
6. Balangan http://dinaspendidikanmobilinternet.blogspot.com kosong
7. Kota Baru http://mplik-kotabaru.blogspot.com 11/04/2012

Peran website selain untuk menginformasikan kegiatan juga memiliki peran penting agar terbangunnya komunikasi dua arah antar pengelola M-PLIK dengan masyarakat baik tempat M-PLIK itu berada atau masyarakat luas. Seperti halnya cita-cita ICT USO Expo 2012, Menuju Indonesia Informatif, melalui Sosialisasi Komunikasi Dua Arah.

Iklan

4 pemikiran pada “ICT USO Expo 2012 dan M-PLIK Kalsel

  1. ICT USO Expo 2012 ini masyarakat Kalsel bisa melihat langsung perkembangan kemajuan teknologi yang telah dicapai baik oleh ‘urang banua’ maupun informasi yang dibawa oleh KEMKOMINFO. – Seems legit, coba sebutkan produk apa yang sudah di buat orang Banua?

    • banyak Qor, salah satunya sekolah-sekolah yg sudah punya website dan menerima pendaftaran via online, itu juga salah satu yg patut dihargai. artinya informasi dan teknologi di banua kita juga ikut bergerak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s