Sebuah Tawaran

Kebanyakan kita punya semangat luar biasa untuk menjadi penulis, namun sering kali niat tersebut terkendala berbagai faktor, antara lain:
1. Tidak ada teman yang sehobi, sehingga kita sulit untuk saling bertukar info, masukan, dorongan, dsb.
2. Tidak ada penulis senior yang memberi arahan, masukan, atau komentar mengenai karya yang kita hasilkan, sehingga kita tidak tahu di mana letak kekurangan karya yang kita hasilkan, dan kualitas karya kita pun tidak meningkat.
3. Kita sudah rajin menulis, dan kita yakin tulisan kita itu sudah maksimal, akan tetapi kita bingung saat mau mengirimkannya ke media cetak lantaran tidak tahu caranya.
4. Kita sudah tahu cara mengirimnya, namun tak pernah dimuat, padahal karya kita tersebut sudah sangat bagus menurut kita, hanya saja tidak sesuai dengan selera redaktur.
5. Kita ingin menerbitkan karya kita ke dalam bentuk buku, tapi sayangnya tidak ada penerbit yang tertarik dengan tulisan kita. ketika kita mencoba jalur indie, ternyata malah lebih sulit lagi, karena perlu dana jutaan rupiah.
6. Dengan penuh perjuangan, akhirnya terkumpul juga uang untuk menerbitkan buku. Dan buku kita pun terbit. Namun ternyata masalah tak selesai di situ, karena manajemen pemasaran yang kurang jitu, buku kita akhirnya tidak laku…
Hm, banyak sekali ternyata hambatan untuk menjadi penulis itu. Lalu bagaimana?
Nah, di sini saya mengajak Anda bergabung di Pena Kita. Pena Kita adalah sebuah forum kepenulisan, yang bertujuan mengatasi masalah-masalah di atas. Dibina langsung oleh Pak Aliansyah Jumbawuya, seorang cerpenis, motivator menulis, yang mana pernah mengasuh rubrik cerpen di buletin Serambi Ummah. Buku-buku beliau yang telah terbit: Perkawinan Rahasia Sang Bintang (kumpulan cerpen), Sayap-sayap Patah Perempuan Bagau (kumpulan cerpen), Saatnya Penulis Muslim Menggebrak (kumpulan motivasi menulis).
Ketentuan Bergabung dan Keuntungan Menjadi Anggota
– Mengisi formulir keanggotaan
– Mebayar administrasi dan kartu keanggotaan sebesar Rp. 30.000,-. Pembayaran ini bertujuan agar tiap anggota benar-benar serius dan merasa memiliki dengan forum ini, dan uang tersebut akan digunakan untuk biaya penerbitan buku.
– Mengirim karya (diutamakan cerpen) melalui e-mail, satu bulan minimal satu karya. Karya (cerpen) tersebut nantinya akan dikomentari, dijelaskan apa kekurangannya (jika ada), diberi solusi, dan akan diusahakan dimuat di harian-harian lokal (Banjarmasin Post, Serambi Ummah, Radar Banjarmasin, dan Media Kalimantan)
– 20 cerpen (satu cerpen satu penulis) yang layak akan diterbitkan dalam bentuk buku secara berkala. Meski ada sistem seleksi, semua anggota tetap karyanya akan dibukukan, hanya menunggu giliran.
– Semua anggota diwajibkan membeli buku yang terbit tersebut, namun dengan diskon. Hal ini dimaksudkan untuk saling membantu sesama anggota, karena walau saat itu cerpen kita belum terbit, cerpen kita pasti akan diterbitkan di periode berikutnya (kurang lebih 3-4 bulan sekali), dan saat itu, anggota lain pun turut wajib membelinya. Semacam arisan.
– 20 penulis yang cerpennya diterbitkan, diharuskan memasarkan buku tersebut sebanyak 10 eksemplar (minimal), dan diberi waktu selama 2 bulan.
– Penulis yang cerpennya diterbitkan mendapat royalti (walau tidak banyak)
– Keuntungan dari penjualan buku tersebut akan digunakan untuk menerbitkan buku yang berikutnya.
– Hal-hal yang kurang jelas bisa ditanyakan ke saya (Zian) via e-mail: zianxfly@gmail.com, atau FB: Zian Armie W, atau HP: 085248613969. Pertanyaan via HP insya Allah akan langsung ditanggapi.

Salam kreatif…

Iklan

6 pemikiran pada “Sebuah Tawaran

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s