Hari Ahad yang Ajaib!

Sampai saat ini aku masih belum mengerti dengan apa yang terjadi hari Ahad kemarin (17/10/10). Hari Ahad itu aku di rumahku di Marabahan berhubung hari libur. Pagi-pagi sudah terjadi keajaiban: omelan ibuku tidak terlalu panjang!
Mumpung di rumah, aku sudah ‘disiapkan pekerjaan’, yaitu manaradak. Tidak tahu aku apa itu bahasa Indonesianya, yang pasti manaradak ialah proses awal menanam padi, padi masih berupa biji. Hanya beberapa jam, tugas itu selesai. Aneh, setelah Ayah melihat hasil pekerjaanku, beliau tak banyak protes, tidak seperti biasanya.
Motor lalu kucuci, bersih. Pakaian-pakaian kotorku yang menumpuk juga sudah bersih dan kering semuanya. Air sungai kebetulan sedang pasang, jadi mudah. Airnya juga agak lebih hambar.
Hari itu, aku juga dapat kesempatan menemani seorang cewek cantik buat beli buku ke Gramedia, sekalian aja kami jalan-jalan keliling Banjarmasin, maklum, doi bukan orang asli Kal-Sel, jadinya kurang tahu dengan Banjarmasin. Tempat terakhir yang kami singgahi ialah Pantai Jodoh.
Selesai menemaninya jalan-jalan (lebih tepatnya sih dia yang menemaniku), aku pulang ke rumah kakakku di Handil Bakti, tempatku tinggal selama kuliah ini. Keajaiban kembali terjadi, air ledeng yang sudah berhari-hari mati–yang membuatku sempat ke kampus tidak mandi– kini sudah jalan, bahkan 5 kali lebih deras dari yang asal!
Rumah kakakku hari itu juga sudah selesai direnovasi, dan sudah dirapikan serapi-rapinya. Wah, sepertinya hari itu dunia memang sudah sepakat untuk tersenyum padaku.
Wajah semua orang hari itu tampak berseri-seri. Bahkan si Salma, keponakanku yang umurnya belum genap dua tahun itu hari Ahad itu tidak terlalu rewel, seharian, sampai ia tertidur.
Kumandang azan pun hari itu terasa sangat merdu, damai hati mendengarnya. Ah, apapun itu, ingin rasanya hari seperti itu terjadi lagi.

NB: rasanya dalam postingan ini banyak sekali aku menulis kata “itu”, hmm…

Iklan

10 pemikiran pada “Hari Ahad yang Ajaib!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s