Barito dan Sungai-Sungai Surga Lainnya

Kalimantan Selatan dan kebudayaan sungainya adalah dua hal yang tak dapat dipisahkan, sebab Kalimantan Selatan terbentuk dan berkembang seperti sekarang bermula dari kebudayaan sungai.
Sungai menjadi sebuah kata yang penuh makna. Di dalamnya terkandung falsafah hidup orang Banjar, sehingga terciptalah istilah-istilah kemasyarakatan yang berhubungan dengan sungai, salah satunya adalah Kayuh Baimbai yang menjadi motto Kota Banjarmasin dan bahkan sekarang dipakai untuk nama sebuah komunitas blogger Kal-Sel.

Sungai itu sendiri bagi masyarakat Kalimantan Selatan memiliki banyak fungsi. Dan dari sekian banyak fungsinya, ada satu fungsi yang sampai sekarang sepertinya masih belum dimanfaatkan dan dikembangkan dengan baik, yaitu fungsi pariwisata.
Memang, saat ini Pasar Terapung di Kuin dan Bamboo Rafting di sungai Amandit sudah dikelola sebagai objek wisata (walaupun belum optimal), tapi bagaimana dengan sungai-sungai lain yang punya unsur keindahan tersendiri dan tentunya sangat berpotensi untuk dijadikan objek pariwisata? Apa hanya dibiarkan begitu saja?

Sebut saja Sungai Barito yang merupakan paling besar sungai di Indonesia. Kalau mau bersungguh-sungguh, sebenarnya banyak hal yang bisa dimanfaatkan untuk pariwisata dari Sungai Barito tersebut. Sebagai contoh, pemerintah dapat menyediakan beberapa buah kapal untuk menyusuri keindahan Sungai Barito. Contoh lain ialah seperti mengadakan lomba jukung hias, lomba balap jukung, membangun taman atau siring di sepanjang sisi sungai, membangun restoran-restoran di pinggir sungai, menyediakan tempat pemancingan dan masih banyak lagi.
Kalau pemanfaatan sungai sebagai objek wisata ini dioptimalkan, saya yakin perekonomian di banua kita ini akan lebih baik. Sehingga barangkali tidak berlebihan bila sungai-sungai yang ada di Kal-Sel ini saya sebut sebagai sungai-sungai surga.

Namun saat membayangkannya, saya bergidik. Banyaknya pembangunan pariwisata ini kemungkinan besar hanya akan dimanfaatkan sebagai ladang proyek dan lahan korupsi saja.

Iklan

2 pemikiran pada “Barito dan Sungai-Sungai Surga Lainnya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s